Berbagi Berkat, Berbagi Sehat dengan Donor Darah

Tim Pelayanan Kesehatan Bidang Pelayanan Kemasyarakatan Paroki SPM RRS Randusari Katedral Semarang bekerjasama dengan PMI Kota Semarang mengadakan aksi donor darah pada Minggu, 23 Juli 2023, bertempat di Gedung Sukasari. Terdapat 49 pendaftar pada kegiatan yang dimulai pkl. 08.00 hingga pkl. 11.00 WIB ini. Dari total yang mendaftar didapatkan 32 kantong yang lolos screening. Beberapa faktor yang menyebabkan calon pendonor tidak dapat mendonorkan darahnya: belum sarapan, kurang istirahat, tekanan darah, dan kadar Hb yang tidak memenuhi syarat.

Demi keamanan dan keselamatan pendonor (berdasar PERMENKES 91 Tahun 2015), syarat yang harus dipenuhi oleh seorang calon pendonor adalah sehat jasmani dan rohani; usia 17 sampai dengan 60 tahun, dan sampai 65 tahun untuk pendonor darah yang sudah rutin mendonorkan darahnya sampai akhirnya berhenti atas pertimbangan dokter; berat badan minimal 45 kg; tekanan darah normal (Sistole 100 – 180 dan Diastole 70 – 100); kadar haemoglobin 12,5-17,0 gr/dL%; interval waktu sejak donor darah terakhir minimal 2 bulan. Terdapat dua tipe kantong darah yang digunakan oleh PMI yaitu 350 ml dan 450 ml dengan syarat berat badan di atas 55 kg dapat diambil hingga 450 ml. Untuk mobil unit PMI keliling hanya tersedia satu ukuran, yaitu 350 ml.

Tertarik untuk menjadi pendonor? Berikut tips dan trik dari dr. Susan (dokter pendamping PMI Kota Semarang) yang sebaiknya dilakukan minimal tiga hari sebelum donor:

  • Minum susu, makan sayur, makan protein tinggi (baik hewani maupun nabati)
  • Istirahat cukup
  • Kelola stress
  • Pola tidur yang baik

 

Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu kegiatan rutin Paroki Katedral Semarang yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan 1 Oktober 2023. Yuk, persiapkan diri sejak dini untuk Berbagi Berkat, Berbagi Sehat dengan Donor Darah!

 

Bernadetta Esti W.U. (Redaksi Berkat)

Share the Post:

Related Posts