Puasa Menurut Gereja Katolik

on .


Tanya :

Romo, sy mau berty gmn kita menghyti masa puasa dan ptng apkh sama dg saudara kita yg muslim? Atau bgmn? trimaksh.

Jawaban :
Terima kasih pertanyaannya, Masa 40 hari sebelum Paskah yang biasa disebut masa prapaskah dimulai pada hari Rabu Abu dan berakhir pada Misa Kamis Putih, dimana Triduum dimulai.

Kita wajib berpuasa pada hari Rabu Abu dan Jumat Agung.

Hukum puasa mengikat setiap orang berusia 18-60 tahun kecuali mereka memiliki kondisi medis yang menghalangi kegiatan puasa (maksudnya, jika kondisi fisik tidak memungkinkan, maka tidak masalah kalau tidak berpuasa).

Hukum puasa mengizinkan kita makan sekali kenyang ditambah dua kali makan yang porsinya lebih kecil – jika porsi keduanya dikombinasikan - dari porsi makan yang sekali kenyang (full meal). (NB : Lebih gampang memikirkannya ialah sekali makan kenyang (bukan makan sekenyang-kenyangnya) dengan dua kali snack, tapi jangan berlebihan juga. Silakan tentukan sendiri kapan anda makan sekali kenyang, entah itu pagi, siang, sore atau malam).

Hukum pantang melarang untuk makan makanan yang secara substansial terdiri dari daging mamalia darat dan burung. Berdasarkan opini dari orang yang terpelajar, yang ditemukan dalam moral lama dan teologi pastoral, hukum pantang tidak mempengaruhi reptile, hewan amfibi, serangga, atau hewan lain yang tinggal di air, juga tidak mempengaruhi saus yang terbuat dari daging (susu, ikan, telur, dan makanan yang terbuat dari lemak hewan, diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Namun karena kita memasuki masa prapaskah, hendaknya jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan tersebut). Pantanglah terhadap hal yang anda sukai seperti garam, daging, gula, sambal, rokok, games, dst.

Ingatlah bahwa pantang dan berpuasa bertujuan untuk mengendalikan diri dan untuk memperbaharui sikap tobat kita.

Selain itu, cara berpuasa umat katolik berbeda dengan umat muslim. Tidak ada batasan jam, puasa dan pantang dilakukan selama 24 jam. Anda juga bisa minum air putih selama masa puasa dan pantang. Anda bisa berpantang dan berpuasa diluar hari wajib pantang dan puasa, jadi silakan mengatur sendiri sesuai niat dan kemampuan anda.

Hari Minggu adalah bagian dari masa prapaskah, tapi karena tindakan penebusan dosa (penance) adalah sukarela dibandingkan puasa dan pantang, maka anda dapat beristirahat dari kegiatan penance pada hari Minggu. Untuk memenuhi kewajiban paskah, kita wajib menerima komuni antara Rabu Abu dan Minggu Trinitas, yang adalah Minggu setelah Pentekosta.
Salam dan doa. Berkah Dalem

Sumber bacaan: Diterjemahkan dari artikel Jimmy Akin : Basic Info on Lent

Social Bookmark

FacebookTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksTechnoratiLinkedinRSS Feed

Online Users

We have 182 guests and no members online

Visitors Counter

0700861
Hari ini
Kemarin
556
1132