Tahun Iman

on .

Tahun ImanTanya :
Romo, Tahun Iman itu yg betul tgl 11 Okt 2012 - 24 Okt 2013 atau 11 Okt 2012 - 24 Nov 2013 ya? Dan apa sebabnya tanggal2 tsb yg dipilih?

Jawab :

Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk meneguhkan iman kita bersama, Bapa Suci Paus Benediktus XVI menjadikan tanggal 11 Oktober 2012 – 24 Nopember 2013 sebagai Tahun Iman. Untuk menandai dan mengantar Tahun Iman itu, Beliau juga mengeluarkan surat apostolik Pintu Kepada Iman (Porta Fidei).

Latar belakang dan alasan adanya Tahun Iman salah satunya adalah Tahun Iman ditetapkan untuk menandai peringatan 50 Tahun dibukanya Konsili Vatikan II dan 20 Tahun diterbitkannya Katekismus Gereja Katolik. Kedua dokumen itu menjadi acuan Gereja dalam mengembangkan iman dan menghayati hidup menggereja dan memasyarakat dewasa ini. Maka, Bapa Suci berharap agar umat semakin mensyukuri iman sebagai anugrah yang berharga dan merayakannya secara pantas dan menghasilkan buah. Ajakan bagi umat agar mempelajari isi muatan fundamental dari iman kepercayaan yang disintesakan secara sistematis dan organis dalam katekismus Gereja Indonesia. Akhirnya, harapan yang paling utama adalah kesaksian hidup umat beriman semakin dapat dipercaya.
Bahan bacaan adalah Surat Apostolik Paus Benedictus XVI: Pintu Kepada Iman (yang dibacakan pada tanggal 11 Oktober 2012 bertepatan dengan pembukaan Tahun Iman)

Salam dan berkah. Romo paroki.

Social Bookmark

FacebookTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksTechnoratiLinkedinRSS Feed

Online Users

We have 47 guests and no members online

Visitors Counter

0669936
Hari ini
Kemarin
82
312