Hubungan Maria dengan Yesus

on .

Pertanyaan :
Apa hub nya antr Bunda Maria dg Yesus? Apa pran Bunda Maria dalam kehdpan Grj? Makasih

Jawaban :

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pertama, Maria yang masih perawan mengandung dari Roh Kudus. Keperawanan Maria mengungkapkan dua hal yaitu tindakan Allah, Maria mengandung karena rencana dan tindakan Allah sendiri.

Allah memiliki rencana untuk keselamatan manusia dan Maria dipilih sebagai perantara kehendak-Nya. Yesus adalah Allah. Keperawanan Maria menegaskan bahwa Yesus yang dikandung Maria adalah Allah. Yesus bukan hanya manusia, tetapi Ia juga memiliki kodrat Allah.

Maka, hubungan antara Bunda Maria dg Yesus adalah ibunda Yesus yang mengandungNya, melahirkanNya, mengasuhNya, menemani dan berusaha memahami Yesus, mendukung karya Yesus, dan menemani Yesus hingga akhir serta memahami rahasia kasih dan karya keselamatan Allah bagi manusia.

Kedua, peran Bunda Maria dalam kehidupan Gereja yaitu sejak peristiwa Pentakosta menjadikan peneguhan dan pengakuan Gereja terhadap Maria sebagai Bunda Gereja. Pada waktu itu, para rasul bertekun dnegan sehati dalam doa bersama-sama dnegan beberapa perempuan dan Maria, ibu Yesus.

Abad pertengahan menegaskan bahwa Maria telah diakui sebagai ibu semua umat beriman. Dinyatakan secara resmi oleh Paus Paulus VI pada penutupan sessi ketiga Konsili Vatikan II (21 November 1964) bahwa Maria sebagai Bunda Gereja. Sebutan ini mengungkapkan inti perhatian keibuan Maria.

Maria adalah Bunda universal dari seluruh umat Allah dan dalam Gereja; ia menempati kedudukan sebagai ibu. Seluruh Gereja memanggil Bunda Tuhannya dan sekaligus Bundanya sendiri.
Semoga membantu makin beriman. Salam dan doa. Romo paroki.

Sumber bacaan: FX. Sugiyana, Pr, Credo: Syahadat Iman Katolik, Kanisius, 2013, Yogyakarta

Social Bookmark

FacebookTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksTechnoratiLinkedinRSS Feed

Online Users

We have 177 guests and no members online

Visitors Counter

0700856
Hari ini
Kemarin
551
1132