Takut

Setiap orang memiliki rasa takut, Takut berada ditempat gelap. Takut kehilangan orang yang disayangi, Takut hidup sengsara, Takut kehilangan pekerjaan, Takut jika pekerjaan tidak selesai tepat waktu, Takut tidak punya uang, dan banyak jenis ketakutan yang lain.

Di satu sisi kita perlu bersyukur karena memiliki rasa takut. Takut nilai jelek membuat kita belajar giat untuk memperoleh hasil yang bagus.

Takut pekerjaan tidak selesai tepat waktu, membuat kita tidak menunda-nunda jika ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Membuat kita lebih rajin dan tekun.

Takut melukai orang lain, membuat kita menjadi lebih hati-hati dengan perkataan dan perbuatan kita.

Takut akan Tuhan, membuat kita selalu sadar akan tindakan yang kita lakukan. Apakah sesuai dengan tuntunanNya ataukah kita sudah melanggar perintahNya?

Namun disisi lain, rasa takut juga bisa menimbulkan tindakan yang cenderung negatif. Karena
takut mendapat nilai jelek, membuat orang mengambil jalan pintas dengan membuat catatan-catatan kecil agar dapat mencontek. Takut tidak punya uang membuat orang menjadi gelap mata dan menghalalkan segaga cara untuk memperolehnya. Melakukan korupsi, mencuri, menodong, bahkan kalau perlu membunuh.

Rasa takut tidak perlu membuat kita lari dari kenyataan. Rasa takut harus dihadapi. Rasa takut akan membuat kita menjadi lebih waspada. Menjadikan kita lebih bersiap diri dan bertanggung jawab dalam segala hal.

Rasa takut akan semakin mendekatkan diri kita dengan Tuhan sehingga kita akan semakin mengerti bahwa tidak ada hal yang perlu kita takutkan salama kita berada dalam kasih Nya dan berjalan seturut kehendakNya.

"Siapakah diantara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya? Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." (Matius 6:27.33)

Salam dan Doa - Albertus

Add comment


Security code
Refresh

Social Bookmark

FacebookTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksTechnoratiLinkedinRSS Feed

Online Users

We have 75 guests and no members online

Visitors Counter

0660932
Hari ini
Kemarin
81
261