Berbagai Cara Merasul (4)

Berbagai Cara MerasulDekrit tentang Kerasulan Awam (Apostolicam Actuositatem) (hasil Konsili Vatikan II, 18-11-1965)

Kaum awam dapat menjalankan kerasulan secara perseorangan atau dalam persekutuan. Di tempat-tempat dan kesempatan-kesempatan tertentu, kerasulan perseorangan merupakan kerasulan yang paling tepat. Kerasulan perseorangan itu terutama sangat perlu di daerah-daerah di mana Gereja menghadapi rintangan-rintangan berat.

Di tempat-tempat dan pada kesempatan-kesempatan lain kerasulan dalam kelompok lebih tepat dan lebih efektif. Perserikatan-perserikatan kerasulan dapat memiliki bentuk yang berbeda-beda. Kerasulan awam, dalam kerjasama dengan hirarki, berhak mendirikan perserikatan kerasulan.

Yang sudah lama dikenal jasanya adalah kelompok-kelompok “Aksi Katolik”. Semua perserikatan kerasulan hendaknya dihargai sebagaimana layaknya. Yang layak mendapat penghargaan istimewa adalah para awam yang membaktikan dirinya sepenuhnya bagi karya-karya Gereja (AA no 12-22)

St. Katharina dari Siena, pernah mengatakan, “Sebagai pelayan Tuhan, setiap tempat adalah tempat yang benar, setiap waktu adalah waktu yang benar”.

Ungkapan ini dapat menjadi wujud bagaimana setiap orang Katolik sungguh-sungguh merasul. Tidak ada tempat yang salah bagi kita untuk merasul. Prinsip dasarnya adalah saya gembira dan mencintai di mana saya merasa dan kapanpun saya merasul.

Tidak ada tempat untuk memilih-milih atau alasan kesibukan sehingga tidak mau merasul, hadir di lingkungan, bahkan Ekaristi Hari Minggu.

Merasul dapat diartikan secara sederhana, bahwa saya mau atau bersedia terlibat dalam upaya pengembangan iman sesama. Dapat dikembangkan sebuah kesadaran dan gerakan mempunyai tanggung jawab terhadap iman sesamaku di sekitar rumahku.

Satu keluarga saling mengingatkan akan kehidupan iman, terlibat hadir di kegiatan lingkungan, terhadap keluarga katolik di dekat rumahnya. Inilah merasul secara sederhana, di sekitar kita berada.

Selamat mencoba.

Add comment


Security code
Refresh

Social Bookmark

FacebookTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksTechnoratiLinkedinRSS Feed

Online Users

We have 151 guests and no members online

Visitors Counter

0685039
Hari ini
Kemarin
582
590