Penerimaan Komuni I

Bertepatan dengan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus pada tanggal 22 Juni 2014 lalu, di Gereja Katedral Semarang dilaksanakan penerimaan KOMUNI I kepada 171 anak dari SD PL Bernardus, SD Marsudirini, dan lingkungan-lingkungan yang berada dalam wilayah paroki Katedral Semarang.

Perayaan Ekaristi dimulai pada pukul 11.00 seusai misa pagi mingguan yang ke-3. Berbaris rapi dari pastoran gereja hingga di depan pintu utama mengenakan pakaian serba putih dan senyum tawa keceriaan mengiringi mereka memasuki Gereja yang sudah dipenuhi oleh para umat yang datang dan orang tua yang mendampingi mereka.
Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Rm. A.G. Luhur Prihadi Pr dan didampingi oleh Rm. F.X. Alip Suwito Pr. Dimeriahkan pula oleh paduan suara anak dari SD Slamet Riyadi wilayah Maria Fatima.

Dalam homili nya, Rm. Alip menekankan pada anak-anak calon penerima Komuni I, bahwa yang akan mereka terima adalah Tubuh dan Darah Kristus. Dan setelah penerimaan Komuni I ini, mereka diharuskan dan diwajibkan mereyakan Ekaristi dan menyambut Tubuh dan Darah Kristus.

Saat menerima Komuni, harus diyakini bahwa jiwa dan roh manusi telah dibersihkan dari dosa walaupun sedikit demi sedikit. Sebelum menerima Komuni I, anak-anak telah mengikuti Triduum selama 3 hari untuk lebih meyakinkan dan menguatkan iman mereka dalam menyambut Komuni I. Selanjutnya juga menerima sakramen tobat sebagai bentuk penyarahan diri kepada Tuhan sebelum menerima Tuhan dalam diri mereka.

Anak-anak diajarkan untuk bersyukur setelah Komuni I dan setelah setiap kali mereka menyambut Komuni dalam perayaan Ekaristi karena mereka masih bisa merayakan Ekaristi. Bentuk syukurnya adalah berupa pujian, doa, berbagi, dan pelayanan. Bicara tentang pelayanan di gereja, apa yang mau dilakukan setelah ini? Yang laki-laki rata-rata ingin menjadi Putra Altar dan yang perempuan saat ini sudah dicanangkan akan dibentuk Putri Sakristi.

Melalui Komuni I ini, mereka juga diharapkan menjadi terang dan garam dunia bagi sesama dan menjadi tanda yang hidup akan kehadiran Tuhan di tengah-tengah umat.

Add comment


Security code
Refresh

Social Bookmark

FacebookTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksTechnoratiLinkedinRSS Feed

Online Users

We have 79 guests and no members online

Visitors Counter

0660936
Hari ini
Kemarin
85
261