Bapak Kardinal, Mgr. Johannes Puja dan 280 Pastur Memperbaharui Janji Imamat

Mgr. Johannes Puja dan 280 Pastur Memperbaharui Janji Imamat

Katedral,- Mgr. Puja selaku uskup Keuskupan Agung Semarang (KAS) menjadi Konselebran utama dalam misa pembaharuan janji imamat dan pemberkatan minyak-minyak pelayanan Keuskupan Agung Semarang. Hadir dalam misa itu 280 pastur yang berkarya di Keuskupan Agung Semarang untuk memperbaharui janji imamat mereka.

Dalam kesempatan yang berbahagia itu hadir pula Bapak Kardinal Julius Darmaatmojo, SJ serta Bapak Uskup Emeritus Keuskupan Banjarmasin Mgr. F.X. Prajasuta MSF. Ribuan umat, bruder suster juga turut serta hadir memenuhi gereja Katedral yang sampai membeludak ditenda-tenda samping dan depan gereja.

Karya Tuhan yang sungguh agung dan luar biasa untuk memanggil umat-Nya sebagai gembala akan kawanan dombanya ternyata tumbuh subur dan berkembang di bumi KAS. Ini terbukti dari tahun ke tahun jumlah Imam yang mengikuti pembaharuan janji imamat selalu bertambah.

Dalam homilinya Mgr. Puja menegaskan bahwa di dalam hidupnya sehar-hari Imam tidak hidup untuk dirinya sendiri, tetapi dengan imamatnya menjadi tanda bahwa hidupnya adalah milik Tuhan, gereja dan umat, maka diharapkan para imam bisa mengabdikan seluruh hidupnya hanya semata untuk kepentingan Tuhan dan perkembang gereja dengan melayani umat.

Selain itu Mgr. Puja juga menambahkan bahwa Kasih menjadi dasar dan landasan utama bagi para Imam dalam memperbaharui janji Imamat mereka, seperti halnya Yesus sebagai Guru utama telah mengajar dan melayani umat dengan penuh kasih.

Selain itu para Imam juga diharapkan bisa semakin tetap setia pada “Roti Ekaristi”, yaitu Kristus sendiri yang menjadi tanda dan sarana sebagai penyerahan Yesus untuk umat manusia, di mana dalam Roti Ekaristi tersebut Ia dipecah dan dibagi untuk kita semua yang menjadi makanan rohani bagi manusia. Dengan demikian para Imam diharpakan bisa menjadi pelayan dalam meneruskan dan mewartkan kabar sukacita ini agar Roti Ekaristi tadi bisa diterima dan dihidupi oleh semua orang.

Dengan tema yang diangkat oleh Komisi Liturgi Keuskupan Agung Semarang “Imam : Semakin setia dalam panggilan, semakin gembira dalam pelayanan” bisa menjadi pedoman dan semangat hidup para Imam semua sehingga semangat untuk melayani dan setia pada panggilan dengan penuh kegembiraan bisa menjadi nafas sehari-hari bagi para imam di dalam menjalani tugas dan perutusannya.

Memang menjadi Imam di jaman sekarang ini bukanlah hal yang mudah, banyak sekali tantangan dan godaan yang harus dihadapi, tetapi dengan pembaharuan janji imamat diharapkan para Imam digugah dan disegarkan kembali akan tugas dan panggilan hidupnya agar tetap setia kepada “Roti Ekaristi”.

Selain diharapkan untuk setia pada “Roti Ekaristi” dengan menjadi Imama, para Imam juga didalam menjalani hidup imamatnya semakin bisa menjadi pewarta Yerushalom (daerah kedamaian), dengan maksud kehadiran para Imam menjadi tanda dan sarana untuk menghadirkan Yesus sendiri di tengah kehidupan masayarakat. Sehingga para Imam bisa menjadi penyejuk dan pendamai di dalam komunitas, masyarakat dan Negara kita ini.

Di dalam perayaan Ekaristi Janji Imamat itu juga diadakan pemberkatan minyak-minyak pelayanan di KAS. Mgr. Puja menegaskan bahwa minyak menjadi tanda akan kehadiran dan penyertaan Tuhan bagi umat manusia di sepanjang hidupnya dalam keadaan apapun. Tuhan yang hadir dengan penuh kesetiaan untuk selalu menjaga dan mendampingi hidup manusia, bahkan sampai saat kita menghadapi sakrat maut, Ia selalu mendampingi kita semua.

Selamat berkarya para Imam di KAS dan diseluruh nusantara ini, semoga dengan pembaharuan janji Imamat para Imam bisa semakin “Semakin setia dalam panggilan, semakin gembira dalam pelayanan” untuk membawa kami para domba-Nya selalu dalam pangkuan Roti Ekaristi.

Selamat berkarya dan proficiat.

(Antonius Ariyanto_Sekretaris Komisi Liturgi Kevikepan Semarang).

Add comment


Security code
Refresh

Social Bookmark

FacebookTwitterDiggDeliciousStumbleuponGoogle BookmarksTechnoratiLinkedinRSS Feed

Online Users

We have 67 guests and no members online

Visitors Counter

0685887
Hari ini
Kemarin
255
534